Minggu, 13 Mei 2018

INSTRUMEN NON TES-2

Nama : WDE Nur Aqmarina
Nim : 1053811101116
Jurusan : Pendidikan Sosiologi
Semester : 4
Bab VI
INSTRUMEN NON TES
Buatlah masing-masing 1 contoh numerical rating scale, descriptive rating scale, bagan partisipasi, observasi dan self assessment.
1. Numerical Rating Scale
Rating Scale tipe numerical rating scale untuk mengukur kemampuan murid TPA (Taman Pengajian Al-Quran)
Keterangan : 5 : Sangat Sering
4 : Sering
3 : Cukup Sering
2 : Tidak Sering
1 : Sangat Tidak Sering
2. Descriptive Graphic Rating Scale
3. Bagan Partisipasi (Participation Charts)
Pedoman partisipasi siwa
Keterangan :
Sangat Baik :Menyampaikan gagasan baru
Baik :Menyampaikan Pendapat yang logis
Cukup :Menyampaikan pendapat yang tidak logis
Kurang : Menyampaikan pendapat yang tidak relevan dengan topik diskusi
4. Observasi
Seorang Mahasiswa ingin melakukan observasi terhadap aktivitas Mengaji murid di mesjid pada saat TPA (Taman Pengajian Al-Quran, maka sebelumnya guru harus membuat instrumen observasi yang memuat indikator aktivitas murid

Keterangan :
1: Menyimak Penjelasan Guru mengaji
2: Komunikasi sama antar murid
3: Aktif bertanya
4: mengeluarkan pendapat kepada guru mengaji
5: mengajukan pertanyaan kepada guru mengaji
6: menjawab pertanyaan dari guru mengaji
7: perilaku yang tidak relevan dalam KBM
a. Membicarakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan mengaji
b. Keluar masuk mesjid
c. Bermain-main
5. Self Assessment
Seorang guru ingin memberikan instrumen non tes self assessment untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek domain kognitif, maka terlebih dahulu siswa diharapkan untuk menyatakan secara jujur sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

Keterangan : 1: Mengerti
2: Tidak Mengerti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar