Rabu, 30 Mei 2018

PENSKORAN

Nama : WDE Nur Aqmarina
Nim : 1053811101116
Jurusan : Pendidikan Sosiologi
Semester : 4
BAB VII
PENSKORAN
Tugas Mahasiswa
1. Buatlah kriteria kualitatif skala penskoran skala 1 sampai 10
2. Buatlah kriteria kualitatif skala penskoran skala 1 sampai 100
3. Buatlah kriteria kualitatif skala penskoran skala A sampai E
Jawaban:
1. Kriteria kualitatif skala penskoran skala 1 sampai 10
a. Skor siswa ditransfer ke dalam kelompok nilai, yaitu 1,2,3,4,5,6,7,8,9 dan 10.
b. Skor 10 ini dipakai di sekolah sesuai dengan anjuran pada kurikulum.
c. Pakar pendidikan mengatakan bahwa seorang siswa yang sudah belajar tidak mungkin pengetahuannya tidak bertambah atau statis apalagi berkurang. Oleh karena itu angka 0 (nol) dihilangkan.
d. Dalam skala 1 sampai 10 , guru jarang memberikan angka pecahan, misalnya 7,5. Angka 7,5 tersebut kemudian dibulatkan menjadi 8.
2. Kriteria kualitatif skala penskoran skala 1 sampai 100
a. Pada hakikatnya bahwa angka itu merupakan bilangan bulat, dengan menggunakan skala 1-10 maka bilangan bulat yang ada masih menunjukkan penilaian yang agak kasar. Oleh karena itu dengan menggunakan skala 1-100, guru sangat dimungkinkan melakukan penilaian yang lebih haluskarena terdapat 100 bilangan bulat.
b. Nilai hasil belajar 7,5 dan 7,7 dalam skala 1-10 yang biasanya dibulatkan menjadi 7, dalam skala 1-100 ini boleh dituliskan dengan 7,5 dan 7,7
3. Kriteria kualitatif  skala penskoran skala A sampai E
a. Skala lima (A, B, C, D, E) disebut juga dengan skala huruf karena nilai akhir siswa tidak dengan angka (bilangan) melainkan dengan huruf A, B, C, D, E.
b. Beberapa pakar evaluasi pendidikan ada pula yang menggunakan hurf F (failure/gagal) atau huruf G sebagai nilai tunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar